Wednesday, March 4, 2009

ARTIKEL - 7 RAHASIA KULIT

Tidak perlu membuat janji dengan dokter kulit, kami beberkan resep mereka untuk kulit sehat.

  1. Kulit Anda mencerminkan apa yang anda maka. Jangan sangka apa yang Anda makan tidak mempengaruhi kondisi kulit Anda. Untuk meminimalkan problem kulit dan tanda-tanda penuaan, dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung letisi (ditemukan pada kacang kedelai, telur dan bayam) yang meningkatkan kadar air pada sel, membuat mereka lebih kuat dan tahan terhadap kerusakan. Jenis makanan lain yang baik untuk kulit adalah anti-oksidan yang terdapat pada sayuran dan buah-buahan seperti brokoli, stroberi dan anggur.
  2. Tidak semua minyak itu buruk. Kesalahan yang dilakukan banyak orang adalah mencuci muka mereka terlalu sering karena mereka berpikir kulit wajah mereka berminyak. Pada kenyataannya, semakin sering Anda mencuci muka, semakin banyak minyak yang hilang. Jangan hilangkan pelembab dari perawatan kulit Anda. Sebaliknyaa, pilih formula yang lebih ringan dan hindari daerah T jika berminyak sekali. Lalu bagaimana mengontrol kilap di wajah? Gunakan kertas minyak khusus muka yang tersedia di pasaran. Jika Anda merasa bahwa kilap Anda boleh mempertimbangkan solusi alternatif, mungkin penyebabnya adalah hormon testoterone yang bisa menyebabkan produksi minyak berlebihan. Konsultasikan dengan dokter kulit Anda untuk memakai pil kontrasepsi yang bisa mengontrol efek hormon tersebut.
  3. A untuk kulit sehat. Vitamin A memang tidak sepopuler vitamin C dan E dalam perawatan kulit. Bahkan banyak pasien yang mengeluh akan iritasi seperti kulit merah dan mengelupas, padahal sebenarnya hal itu merupakan tanda-tanda vitamin A mulai bekerja. Vitamin A dan turunannya seperti retinoic dan glycolic acid, berjasa untuk anti penuaan, perbaikan sel, mengeringkan jerawat dan mengurangi pigmentasi. Jadi jangan berprasangka buruk terhadap vitamin A.
  4. Gula tidak selalu manis. Kabar baik bagi para pecinta cokelat, cokelat tidak menyebabkan atau memperburuk jerawat. Kabar buruknya, penelitian menunjukan bahwa gula jika bereaksi dengan serat kolagen dan elastin pada kulit bisa menurunkan efektifitas. Kedua elemen tersebut. Gula juga secara tidak langsung menurunkan sistem pertahanan tubuh terhadap radikal bebas dengan mengikat enzim anti-oksidan. Jadi, konsumsi gula berlebihan bukan hanya berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda, namun juga demi kesehatan kulit Anda. Kontrol konsumsi gula Anda dan nantikan kulit yang lebih sehat.
  5. Jangan mudah percaya iklan. Memutihkan, mencerahkan, memudarkan, semua adalah kata-kata yang sering didengar dan dilihat pada iklan-iklan kosmetik. Kosmetik yang dijual bebas di pasaran biasanya tidk mengandung bahan aktif yang diperlukan untuk mengatasi pigmentasi.
  6. Jangan pernah keluar rumah tanpa tabir surya. Anda mungkin tidak ke pantai setiap hari, namun jika Anda tambahkan menit-menit setiap hari dimana Anda terkena sinar matahari, didalam mobil, saat berjalan dari pintu mal ke tempat parkir, maka menit-menit tersebut bisa menjadi jam, hari, bahkan minggu. Selalu gunakan tabir surya saat keuar rumah, bahkan pada hari mendung atau hujan karena radiasi sinar UV tetap mampu menembus awan.
  7. Perawatan kulit Anda tidak terbatas pada wajah. Kulit leher Anda mengalami tantangan yang sama dengan kulit wajah Anda seperti polusi dan sinar matahari. Maka ia juga bisa berkerut dan berpigmentasi. Jangan lupa untuk memperlakukan leher Anda sama seperti wajah Anda, termasuk saat pemakaian tabir surya dan pelembab. Tidak lucu kan kalau kulit wajah kencang sementara kulit leher kendur.